DESA WISATA NOEPESU

Desa Noepesu adalah salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten Timor Tengah Utara Propinsi Nusa Tenggara Timur. Desa ini berada di kaki gunung Mutis dan Babnain. Memiliki alam yang indah dan budaya serta tradisi yang sangat menarik. Desa Noepesu juga merupakan penghasil buah, ubi dan sayuran.

Salah satu bukit yang indah adalah Bukit Nikole. Dari bukit ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan gunung Mutis dan Babnain. Udaranya dingin dan sejuk. Daerah penghasil  bawang dan ubi ini juga terdapat sungai Noebesi  yang dapat dijadikan sebagai lokasi arung jeram untuk kegiatan wisata.

Selain alam yang indah masyarakat desa Noepesu  juga memiliki budaya atau tradisi Tapoen Anah, fuaton, dan ritual lainnya  yang dilaksanakan setiap tahun. Desa Noepesu bersebelahan dengan desa Fatuneno, desa Satab, dan desa Saenam merupakan satu kawasan yang berada dalam kawasan pegunungan Mutis  dan Babnain

Desa Noepesu berbatasan langsung dengan desa Bonleu Kabupaten Timor Tengah Selatan, berjarak 37 kilo meter dari kota Kefamenanu ibu kota kabupaten Timor Tengah Utara dan 5 kilo meter dari kota Eban ibu kota kecamatan Miomaffo Barat.  Akses jalan yang sudah beraspal, pengunjung dapat menempuh perjalanan 1 (satu) jam 30 (tiga puluh) menit dengan kendaraan umum (bus atau mikrolet), mobile, dan kendaraan bermotor roda dua  untuk tiba di desa tersebut.

Author: disbudparTTU

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN TTU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *